Wednesday, November 25, 2009

musim married??

blakangan ini sampe pertengahan desember ada banyak skali pasangan hetero yang mengadakan wedding party. dari minggu2 kemarin wedding invitation bertebaran, mulai dari teman, saudara dekat, saudara jauh sampe ini-sapa-ya-yg-married *ga jelas kenal dari pihak perempuan ato pihak pria*.

saya ga pernah menentang pernikahan, baik utk hetero maupun homo *klo yg ini malah mendukung sekali*, tapi jujurnya saya kurang suka pesta pernikahan di sini (jakarta), jarang sekali ada wedding party yg bener2 berkesan dan bikin saya tersentuh atau senang. biasanya malah abis dari party itu pasti malah yg terasa cape dan sedikit kesal.

beberapa alesan saya ga suka wedding party di jkt:
  • yg married itu couplenya apa orang tuanya??
    klo menilai dari para undangan, jelas terlihat klo kebanyakan dari yg diundang adalah temen2, kerabat, rekan bisnis dari kedua orang tua para mempelai. klo dari cerita bbrp temen saya yg sudah menikah jg memang kenyataannya begitu, jadi sebagian besar undangan justru disebar ke teman2 dan rekan bisnis orang tuanya.
  • menikah bukan karena keinginan sendiri, tp dorongan orang tua
    emang ga smuanya  mengalami hal ini, tp ada bbrp dari pasangan yg saya kenal curhat ke saya klo sebenernya mereka belum siap, tapi karena didorong oleh orang tuanya, akhirnya mereka menikah. meski ini ga sepenuhnya buruk, karena mereka jg skarang bahagia dgn kluarga yg mereka bina; tapi kenapa menikah karena dorongan dari orang tua, bukan karena mereka sudah siap dan ingin menikah??
  • bukan party tapi battle of war
    kebanyakkan dari wedding party di jkt type nya adalah prasmanan, dan sperti yg kita tau; klo prasmanan begitu biasanya yg dateng banyak, bawa kompi lengkap sekeluarga. nah saya ga keberatan klo harus ngantri utk mengambil makanan ato minuman, tapi kasusnya biasa itu banyak skali entah ibu2 ato bapak2 yg merasa dirinya punya hak untuk nyelak, nyerobot secara paksa...klo menurut orang2 ke wedding itu dapet makan gratis; mnurut saya boro2 gratis, kita memberi angpau trus mo makan aja harus berdiri, ngantri, blom lagi diselak ama ibu2 ga tau diri...mendingan uangnya dipake utk makan di restoran kannn.
  • plus one
    mengenai alasan pelik ini, ga penting2 amat, tapi sering bikin saya pusing. di invitation biasa tertulis Mr. Kotakitem & partner. utk saya yg jelas2 ga mgkn berpartner cewe, biasanya bingung deh mo pergi sama siapa; klo ada temen yg single dan diundang jg maka bisa pergi bareng, klo ga ada yg bisa pergi bareng, nah ujung2nya saya harus pegi sendiri. sedangkan saya ga suka sendirian di wedding party. dulu saya sering pergi bersama fag-hag saya, tp skarang mereka sudah berpasangan, sedangkan klo pergi ama cowo pengalaman yg lalu, akan ada banyak skali yg bertanya...jd males jawabnya.
  • catch up and further question
    bukannya ga senang bertemu dengan teman2 yg uda lama ga ktemu, tp ya untuk saya kenyataannya aja; klo ada teman2 yg saya jarang ketemu dan ga pernah cerita2 ya brarti itu memang bukan teman dekat saya, ya paling sekedar teman-say-hi-and-bye. biasanya teman2 seperti itu akan berusaha memulai pembicaraan, dan topiknya pasti standar; mulai dari pekerjaan trus pacar dan "kapan nikah?".....fyi kebanyakkan teman2 saya ga tau klo saya gay. biasanya klo uda menyentuh topik itu saya cm bisa mesem2 trus ngabur blaga mo ambil makanan ato minuman
ya....alesan2 itu membuat saya merasa pergi ke wedding party itu menjadi suatu kewajiban, bukan hal2 yg saya nantikan. kecuali klo teman dekat saya yg menikah, nah saya pasti turut senang. tp biasanya wedding invitation lebih sering dateng dari teman sekedar kenal, kerabat bisnis bokap dan sodara...jadi ya somehow not interesting.

alesan2 dan pendapat2 saya di atas itu saya kemukakan berdasarkan pesta2 pernikahan yg pernah saya hadiri. tp alesan2 itu biasanya cm membuat saya males datang, tapi pasti ujung2nya pasti dateng jg demi menjaga tali silahturahmi....dan utk mendoakan pasangan yg akhirnya bersatu di pelaminan....

8 comments:

Farrel Fortunatus said...

ternyata sama neh kaya gw. gw paling males kl harus datang ke resepsi pernikahan. bukannya ga mau turut bahagia atas pernikahan sahabat/kerabat kita, cuma ga suka 'efek'nya aja he he he... btw, gw pernah bahas 'i hate wedding party' di blog gw, postingan bulan agustus. mungkin ini masalah klasik kaum gay ya... whatever!

Arema said...

suka ditanyain juga ga, kapan nikah?? hehehe

kotakitem said...

@farrel: after effect dari ke wedding party itu menyebalkan ya...bikin males aja
hahahaha

@arema: biasa teman2 yg uda married ato uda menjelang married sering nanyain pertanyaan itu...klo orang2 rumah biasa nanyainnya mana pacarnya, tapi nanti klo beneran ada pacar, dibawa ke rumah pasti pada shock
hahahahhaa

Ke Kawinan??? Yuk Mareee said...

hukumnya klo diundang itu wajib datang. Tapi.....klo ga ikhlas mending jangan datang.

Tapi pengalaman pribadi gw, gw senang banget yang datang ke wedding gw banyak banget (more than expected). Berasa banyak yang ngedoain

Yang bikin gw senang datang adalah 1. makan2 nya
2. kesempatan buat liat pagar bagus (yg biasanya cakep) dan tamu-tamu yang ok punya. *dasar bencong*

Males ditanyain?? Hindari aja orang2 yang berpotensi bertanya. Klo gw selalu menyibukkan diri dengan makanan

Ambil enaknya lagi man....

Alil said...

emang paling enak dateng ke wedding party bareng temen2 (apalagi fag-hag) dengan rutinitas sbb:
1. ngga usah langsung ngantri salaman, ambil makanan, ambil posisi wuenak di pojokan yang memandang langsung ke arah panggung. (make sure jangan sampe posisi itu diambil orang.. hehehe)
2. mengasihani bride and groom (kok mau ya sama om-om... atau kok cantik-an groom nya ya..?)
3. jadi fashion police tamu-tamu, noticing what's new, who's with whom, etc..
4. menghindari social bird - pertanyaan2 kapan kawin dsb.
5. pulang lebih dulu untuk menghindari antrian keluar parkir gedung.

kalo disuruh sendirian ke kawinan? alil ogah....

Bedjo said...

Menurut gosip nih... pesta pernikahan itu jadi ajang bisnis bagi ortu mempelai; semakin banyak yg datang, semakin untung. Jadi ga rugi buat mbayar gedung dan makanan dll...

Jawaban yg paling ampuh buat yg tanya kapan nikah adalah (Ngopi dr temen gw): Wah, gw dah terbiasa hidup sendiri, rasanya pasti akan tidak menyenangkan dan aneh kalo nikah...

secangkir teh dan sekerat roti said...

wedding party..???

saatnya makan2 dan reuni kalo ada temnya yang dateng, hahahaah!

kotakitem said...

@lucky:
klo saya yg diundang mah pasti datengnya ikhlas koq...kan temen sendiri, cuma biasa sering terkena serangan males aja
hahahahha

mengenai makan2, spertinya blom pernah ke wedding party yg makanannya bener2 memuaskan

@alil:
iya tuh, salah satu aktifitas yg menyenangkan adalah jadi fashion police, meski kadang2 ampe bener2 bingung; koq ada ya orang ke wedding party pake outfit seperti itu.....

@bedjo:
thanx buat contekan jawabannya, nanti akan di copy paste
hahahahaha

@kakve-santi.blogspot.com:
thx dah mampir